Apa Itu Server ?

Apa Itu Server ?

Server merupakan suatu sistem komputer yang memiliki layanan khusus berupa penyimapanan data. Data yang disimpan di server dapat berupa banyak jenis dokumen yang kompleks. Layanan ini ditujukan pada client yang memiliki kebutuhuan dalam menyediakan informasi untuk para penggunanya.

Server berperan penting dalam menyediakan layanan akses yang lebih cepat untuk mengirim atau menerima data dalam bentuk informasi yang tersedia pada server. Server sendiri berbentuk jaringan komputer dan memiliki ukuran yang sangat besar dengan beberapa komponen pendukung lainnya.

Ada beberapa jenis server dan kegunaannya masing-masing. Diantaranya ialah.

1. Web Server

Web server adalah jaringan komputer yang melayani permintaan khusus HTTP dan HTTPS. Web server menerima kode atau perintah dari browser yang kemudian dikirim kembali dalam bentuk laman website.

Web server memiliki fungsi utama mengirim berkas yang diminta oleh pengguna melalui browser dan protokol tertentu. Agar nantinya pengguna dapat mengakses gambar, file, dokumen atau hal-hal lainnya.

Saat ini web server tidak hanya berperan untuk memplubikasikan WWW saja. Terdapat berbagai perangkat keras yang sudah dapat diakses melalui HTTP dengan tujuan untuk meninjau beberapa pekerjaan.

2. Mail Server

Server ini melayani pengguna dalam bertukar pesan ke sesama pengguna secara elektronik. Mail server juga dibagi menjadi dua kategori, yaitu server surat masuk dan server surat keluar.

Server surat masuk terdiri dari POP3 dan IMAP. POP3 (Post Office Protocol 3rd Version) merupakan sebuah protokol pesan elektronik yang menyimpan pesan hasil terkirim atau diterima dari PC Local Hard Drive. Sedangkan IMAP (Interet Message Access Protocol) merupakan protokol yang selalu menyimpan salinan pesan dikirim dan diterima ke dalam Mail Server.

Secara garis besar Mail Server berfungsi untuk bertukar pesan ke sesama pengguna dengan beberapa langkah protokol mail dengan file yang sudah didukung.

3. Database Server

Adalah sebuah jaringan komputer yang memberikan layanan berupa pengelolahan basis data serta dapat menerima permintaan client untuk mengakses basis data pada server. Database server juga terdiri dari empat jenis, yaitu flat file database, ralation database, object database dan relational object database.

Fungsi dari database server adalah memberikan pengguna sebuah layanan big data yang teratur yang nantinya dapat mudah untuk melakukan pencarian. Lembaga besar banyak yang menggunakan layanan server ini sebagai penyimpanan berbagai informasi sesuai kebutuhan.

4. File Server

File server merupakan jaringan komputer yang memberikan akses berupa lokasi disk. Lokasi tersebut berisikan file seperti gambar, video, musik, database, dokumen dll. Server ini dirancang agar pengguna dapat menyimpan dan mengambil data dengan perhitungan melalui workstation.

5. DHCP Server

Dinamic Host Configuration Protocol, merupakan jaringan yang menjalankan layanan penyewaan IP Address dan informasi TCP/IP kepada client. Biasanya sistem operasi SO seperti Windows 2000 server, Windows Server 2003 dan GNU/Linux menggunakan layanan ini.

Fungsi DHCP sendiri ialah memberikan layanan alamat IP secara otomatis kepada client. Sehingga administrator tidak perlu disbukkan untuk membuat alamat IP.

6. Proxy Server

Merupakan jaringan komputer yang memiliki peran sangat positif bagi pengguna. Proxy server berguna sebagai perantara antara pengguna dengan web server. Setiap pengguna yang mengakses jaringan internet, akan selalu melewati proxy terlebih dahulu sebelum melanjutkan ke web server.

Jadi fungsi dari proxy server ini adalah untuk mengamankan IP Address pengguna saat berjelajah pada internet.


Recommended Posts