Jenis-Jenis Serangan Hacker

Jenis-Jenis Serangan Hacker

Serangan siber tidak akan ada habisnya selagi teknologi dan internet masih ada. Tentunya hal ini tidak bisa kita hindari, selalu ada saja ancaman-ancaman yang terjadi. Cisco Umbrella mencatat setidaknya terjadi peningkatan sebesar 40% serangan siber di tahun lalu.

Maka dari itu pengguna harus dapat mengantisipasi serangan siber ini dengan tidak sembarang dalam menggunakan internet. Keamanan siber ialah keamanan yang dapat melindungi segala aspek dari sebuah teknologi.

Serangan ini biasanya ditujukan untuk mengakses, mengubah atau bahkan menghapus data yang berisi informasi-informasi penting didalamnya yang bertujuan untuk memeras para korbannya dengan meminta uang untuk menghilangan serangan yang terjadi.

Ada beberapa jenis serangan siber yang telah teridentifikasi, antara lain :

1. Malware

Merupakan sebuah software yang dibuat khusus untuk memperoleh akses secara tidak sah atau menyebabkan sebuah kerusakan pada komputer.

Bentuk dari serangan ini sendiri merupakan sebuah software yang keamanannya kurang dan mudah untuk di serang. Setelah virus itu masuk, maka akan langsung menyerang apa saja yang ada di dalamnya.

2. Phising

Merupakan suatu metode untuk melakukan penipuan dengan mengelabui target dengan maksud untuk mencari akun target. Modusnya nanti dapat berupa email yang dikirim ke korban. Yang nantiny akan dapat mencuri data pribadi milik korban seperti data kartu kredit atau data lainnya yang bersifat pribadi.

3. Ransomware

Virus ini dapat memblokir akses ke file atau sistem komputer. Tujuannya untuk memeras para korban dengan meminta uang tebusan agar komputernya dapat digunakan seperti semula. Biasanya para hacker ini menyerang komputer yang didalamnya tersimpan data yang samgat penting.

4. Social Enginering

Sebuah manipulasi psikologis ini digunakan untuk mengelabui para korbannya agar dapat mengungkapkan informasi sensitif mereka. Tujuannya adalah untuk mendapatkan akses ke data rahasia korban dan melakukan pembayaran atas nama korban atau melakukan pemerasan.

5. Kebocoran Data

Kebocoran data ini dapat diartikan sebagai transmisi data yang tidak sah dari dalam suatu organisasi ke tujuan atau penerima eksternal. Istilah ini dapat digunakan untuk menggambarkan data yang di trasnfer secara elektronik atau fisik.

6. Hacking

Hacking merupakan sebuah kegiatan menerobos program komputer milik pihak lain. Sedangkan hacker adalah orang yang gemar mengotak atik komputer, memiliki keahlian membuat dan membaca program tertentu dan suka mengamati keamanan siber dari suatu sistem.


Recommended Posts