Mengenal Tentang Keamanan Sandbox

Mengenal Tentang Keamanan Sandbox

Sandbox adalah sebuah solusi yang dapat digunakan untuk menguji, menjalankan dan memblokir program atau kode yang berpotensi bahaya yang dapat mempengaruhi sistem.

Pengertian lain dari sandbox adalah sebuah lapisan perlindungan yang bertujuan untuk mencegah dari kode dan program berbahaya yang dapat mengancam sistem. Itulah mengapa sandbox banyak digunakan untuk mencegah serangan malware seperti Ransomware, Trojan dan Spyware.

Dalam dunia bisinis, sandbox dapat menjaga informasi tetap terlindungi. Misalnya mencegah dari pencurian data dan kerugian lainnya. Secara umum sandbox digunakan untuk pelengkap keamanan seperti antivirus atau Secure Email Gateaway (SEG).

Cara Kerja Sandbox

Cari kerja dari sandbox ini berfungsi sebagai lingkunan virtual yang tidak bergantung pada komputer dan jaringan. Bagi pengembang perangkat lunak, sandbox digunakan untuk menguji kode baru dan menghindari dari kesalahan program.

Dalam hal keamanan informasi, sandbox digunakan untuk menguji dan menjalankan program berbahaya. Jadinya nanti untuk setiap berkas file, lampiran, url dan program akan dijalankan untuk dicek tingkat keamanannya. Sandbox menjadi tempat yang aman untuk kita dapat menegecek program sebelum diserahkan oleh klien.

Keuntungan Sandbox

Penggunaan sandbox ini dapat meningkatkan keamanan sistem dan menjamin beberapa keuntungan menggunakan sandbox yaitu :

  1. Memblokir Tautan Berbahaya
  2. Menghindari Ancaman Zero-Day
  3. Menjaga Keamanan Informasi dan Data
  4. Mencegah Pelanggaran Data

Recommended Posts