Pengertian hosting

Pengertian hosting

Hosting merupakan sebuah layanan online yang digunakan untuk mengelola data situs atau website kita yang nantinya dapat dikelola oleh user. File yang tersimpan dapat berupa file, gambar, video, database ataupun script. Saat pertama kali kita ingin mengakses sebuah website, maka hal pertama yang harus dilakukan adalah menuliskan alamat domainnya. Domain sebelumnya sudah kita bahas pada artikel sebelumnya.

Hosting memiliki banyak kegunaan yang dapat dimanfaatkan untuk pengembangan website pribadi maupun website untuk perusahaan. Adapun beberapa fungsi hosting yang dapat kita ketahui diantaranya sebagai berikut.

1. Membuat Halaman Website

Fungsi pertama sebuah hosting ialah dapat membuat sebuah halaman website yang didalamnya menyimpan banyak berkas dan dokumen pendukung website. Sehingga jika kita menggunakan hosting, website kita akan mudah untuk di cari di google.

2. Mengembangkan Situs Online Shop

Menggunakan hosting untuk keperluan online shop tentunya sangat membantu usaha kita agar dapat dilakukan dengan mudah.

3. Membuat Email Profesional

Hosting juga dapat membuat email perusahaan, tentunya hal ini sangat bermanfaat untuk membuat website kita tampak lebih profesional. Hal ini juga nantinya dapat meningkatkan kredibilitas dari usaha atau website kita.

4. Proteksi Website Menggunakan SSL

Menggunakan hosting juga dapat meningkatkan keamanan pada website kita dari serangan virus atau malware, serangan DDOS ataupun terkena spam. Maka dari itu Penggunaan (Secure Socket Layer) SSL sangatlah penting.

Jenis Web Hosting

1. Cloud Base Hosting

Cloud base hosting adalah sebuah layanan yang paling banyak diminati karena tidak memiliki downtime. Cloud hosting menggunakan banyak server dengan file dan resource yang sudah di replika pada setiap server. Jadi jika server yang kita gunakan sedang sibuk, maka traffic kita akan dipindahkan ke server lainnya.

2. Dedicated Hosting

Dedicated hosting merupakan salah satu layanan yang menawarkan kontrol maksimal atas layanan server yang kita gunakan. Penggunaanya juga cukup fleksibel dengan dapat dioperasikan dari berbagai sistem operasi.

3. Shared Hosting

Layanan ini cukup tradisional karena sistemnya yaitu membagi satu server untuk beberapa user yang berbeda sesuai dengan kebutuhan user. Meskipun begitu, harga yang ditawarkan pun cukup terjangkau dan ramah di kantong. Jadi layanan ini cocok bagi kita yang baru belajar untuk mengenal sebuah website.

4. VPS Hosting

Virtual Private Hosting atau VPS adalah perpaduan antara dedicated dan cloud hosting. Dimana user dapat menggunakan fungsi yang serupa dengan dedicated server dengan harga yang sama seperti cloud hosting. VPS sangat cocok digunakan untuk kebutuhan traffic website yang tinggi

5. WordPress Hosting

Hosting ini mirip seperti shared hosting, namun hosting ini hanya ditujukan bagi pengguna wordpress saja. Hosting ini juga sudah dilengkapi dengan pre-installed plugin dengan konfigurasi yang cukup optimal. Layanan ini juga sudah menyediakan tema, website builder dan alat pengembangan website lainnya.


Recommended Posts