Tips Membangun Citra Perusahaan Melalui Internet

Sebuah artikel menarik tentang Tips Membangun Citra Perusahaan Melalui Internet

Coca-Cola Indonesia kini sedang sibuk. Perusahaan minuman berkarbonasi ini sedang giat memperkenalkan produk baru, yaitu Teman Imut. Jangan bingung, ini bukan merek minuman baru dari Coca-Cola.

Sejatinya, Teman Imut adalah minuman Coca-Cola dalam kemasan botol plastik polyethylene terephthalate (PET) berukuran 250 mililiter (ml). Dengan demikian, varian Coca-Cola yang satu ini lebih praktis digenggam dan dibawa bepergian ke mana saja. Coca-Cola meluncurkan produk ini pada akhir Juni lalu.

memenangkan persaingan di internetTapi, bukan cuma Coca-Cola, lo, yang sibuk karena urusan peluncuran produk baru tersebut. Perusahaan konsultan pemasaran dan hubungan masyarakat (humas) yang membantu Coca-Cola juga ikut sibuk.

Perusahaan yang memproduksi minuman kemasan nomor satu di dunia ini memang kerap menyewa jasa konsultan pemasaran dan humas untuk mempromosikan produknya. “Kami menggunakan jasa Maverick,” papar Toni Darusman, Manajer Pemasaran PT Coca-Cola Indonesia.

Jasa perusahaan konsultan pemasaran dan humas, atau bahasa kerennya public relation (PR) agency, saat ini memang banyak dipakai para pengusaha. Perusahaan besar yang sudah memiliki divisi pemasaran dan divisi humas sendiri pun banyak yang tetap memanfaatkan jasa konsultan pemasaran dan humas ini.

Ambil contoh Orang Tua Group. Manajer Hubungan Masyarakat Orang Tua Group Yuna Eka Kristina mengungkapkan, kelompok usaha makanan dan minuman ini menggunakan jasa PR agency untuk mengerjakan sekitar 50% tugas pemasaran dan kehumasan. Tanggungjawab sisanya dikerjakan sendiri oleh divisi humas dan pemasaran di perusahaan.

Segendang sepenarian, PT Toyota Astra Motor juga menggunakan jasa perusahaan konsultan PR agency demi menjalankan fungsinya sebagai agen tunggal pemegang merek (ATPM) mobil Toyota di Indonesia. “Meski tidak terlalu sering, tapi keberadaan mereka tetap kami perlukan,” papar Rouli Sijabat, Kepala Komunikasi Pemasaran PT Toyota Astra Motor.

Dibutuhkan karena SDM terbatas

Pengamat pemasaran Handito Joewono menilai bahwa penggunaan jasa konsultan pemasaran dan humas belakangan memang meningkat. Hanya saja, ia melihat ada beberapa perusahaan yang menggunakan jasa PR agency cuma karena latah. “Pasokan penyedia jasa konsultan pemasaran dan humas ini meningkat, sehingga perusahaan yang tadinya tidak menggunakan jadi ikut-ikutan menggunakan,” tutur pengamat dari perusahaan konsultan pemasaran Arrbey ini.

Meski begitu, Handito memandang keberadaan perusahaan konsultan pemasaran dan humas memang dibutuhkan oleh para perusahaan yang ingin memperkenalkan produk atau menaikkan pamor merek di tengah masyarakat. Sebab, seringkali perusahaan-perusahaan itu tidak memiliki tenaga yang cukup untuk melakukan aktivitas promosi dan pemasaran.

Keterbatasan sumber daya manusia (SDM) ini kadangkala bisa membuat kegiatan promosi dan pemasaran tidak efektif. Selain itu, jika SDM internal di perusahaan tersebut masih baru dalam urusan promosi dan pemasaran, ada baiknya perusahaan memakai jasa konsultan pemasaran dan humas. “Karena para PR agency umumnya lebih berpengalaman dalam mengatasi persoalan yang kompleks,” papar Handito.

Biasanya, kebutuhan akan jasa konsultan pemasaran dan humas muncul saat sebuah perusahaan berusaha membentuk imaji tertentu bagi produk atau mereknya. Misalnya, ketika sebuah perusahaan meluncurkan suatu produk baru atau memiliki logo baru serta melakukan perubahan nama perusahaan.

Untuk membantu memperkenalkan produk, logo, atau nama perusahaan baru itu, perusahaan bisa menyewa jasa konsultan pemasaran dan humas. Kebutuhan akan jasa konsultan pemasaran dan humas juga muncul saat citra perusahaan atau salah satu produknya terkena krisis pencitraan.

Konsultan pemasaran dan humas sendiri menjalankan tugas dengan dua cara. Pertama, mereka akan proaktif dan terlibat langsung dalam kegiatan pemasaran serta kehumasan.

Kedua, mereka tidak turun langsung melakukan kegiatan pemasaran. “Mereka memberikan ide dan tambahan pengalaman,” terang Handito.

Toni sependapat dengan Handito. Ia bilang, konsultan pemasaran dan humas banyak membantu Coca-Cola dalam pemilihan poin pesan yang akan disampaikan di masyarakat. Hal itu bisa mengangkat brand image produk di masyarakat. “Mereka lebih tahu informasi yang pas untuk dilempar ke publik,” tutur Toni.

Maklum, konsultan pemasaran dan humas seringkali bisa melihat potensi yang justru tidak bisa dilihat perusahaan. Selain itu, Deputi Manajer Umum Pemasaran 4W-Brand 2 Suzuki Mobil Edi Darmawan mengungkapkan, konsultan pemasaran dan humas bisa menjadi perpanjangan tangan perusahaan dalam berhubungan dengan orang luar. “Sebagai orang luar, mereka bisa meraba apa yang dibutuhkan perusahaan untuk menaikkan citra,” jelas Edi.

Suzuki sendiri lebih banyak menggunakan jasa konsultan PR agency untuk melakukan pencitraan bagi perusahaan maupun produknya. Menurut Edi, apabila Suzuki meluncurkan sebuah produk, mereka bisa dengan sigap memberikan pesan kepada khalayak mengenai produk tersebut .

Bukan cuma perusahaan penjual produk yang membutuhkan konsultan PR. Perusahaan penyedia jasa semacam Indika Production pun membutuhkan jasa konsultan pemasaran dan humas untuk membentuk citra di masyarakat.

Menurut Presiden Direktur Indika Production Marcia Rahardjo, konsultan pemasaran dan humas memberi banyak masukan, terutama mengenai perbaikan imaji perusahaan. Biasanya pula konsultan PR sudah memiliki jaringan media yang luas, sehingga bisa menjembatani penyampaian informasi kepada masyarakat mengenai apa yang dilakukan perusahaan.

Hanya untuk proyek tertentu

Meski menggunakan jasa konsultan pemasaran dan humas, tak berarti perusahaan sepenuhnya memberikan pekerjaan pemasaran dan kehumasan pada PR agency. Acapkali antara perusahaan dan konsultan humas berbagi pekerjaan.

Grup Orang Tua memanfaatkan jasa konsultan pemasaran dan humas hanya untuk mengerjakan proyek-proyek tertentu. “Biasanya, kami menggunakan jasa PR agency untuk proyek jangka panjang yang berkesinambungan pada salah satu merek yang kami miliki,” terang Yuna.

Sementara, Toyota umumnya menggunakan jasa PR agency dalam event berskala besar, contohnya Indonesia International Motor Show (IIMS) yang berlangsung setahun sekali. Maklum, Toyota merasa kewalahan kalau harus mengurus sendiri persiapan untuk event sebesar itu.

Selain itu, Toyota menggunakan jasa konsultan PR untuk menyebarkan nilai-nilai positif perusahaan. Contohnya dalam menyampaikan hasil kegiatan corporate social responsibility perusahaan. “PR agency memberikan saran dan ide-ide kreatif serta mengemas strategi penyebaran informasi secara baik kepada publik,” tandas Rouli.

Dalam menjalankan tugasnya, PR agency juga berada di bawah komando divisi humas internal perusahaan. Garis komando ini tetap wajar. Bagaimana pun orang dalam perusahaan-lah yang paling tahu target apa yang harus dicapai dalam satu kegiatan promosi dan pemasaran produk.

Tentu saja, perusahaan-perusahaan itu tidak sembarang memilih konsultan pemasaran. Sebab, setiap korporasi harus membagi beberapa rahasia perusahaan dengan si konsultan. Otomatis, perusahaan akan menilai apakah si konsultan itu bisa dipercaya atau tidak.

Para perusahaan penyewa jasa konsultan akan mengevaluasi kinerja PR agency secara rutin. Suzuki sebagai contoh, mengevaluasi kinerja PR agency yang menjadi mitranya setiap setahun sekali.

Memang, para penyewa jasa konsultan konsultan PR itu tidak langsung menikmati peningkatan hasil penjualan. Hanya saja, Rouli bilang, penggunaan jasa konsultan pemasaran dan humas membuat pencitraan suatu merek atau produk lebih efektif. Hal ini bisa membantu perusahaan meyakinkan konsumen untuk menggunakan produk atau jasanya.

Sementara itu, apakah berpromosi dan beriklan melalui search engine seperti Yahoo dan Google dapat meningkatkan popularitas citra perusahaan anda? Jawabannya ya, pada kenyataannya, berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa 39% pengguna internet yang melakukan pencarian di search engine merasa bahwa perusahaan yang muncul di urutan teratas hasil pencarian merupakan perusahaan bergengsi atau setidaknya diasumsikan sebagai perusahaan yang paling sering dicari orang

Sebagai contoh, jika anda melakukan pencarian untuk kata-kata “restoran valentine paling romantis di  jakarta” maka anda cenderung akan hanya melihat urutan 1-5 dari hasil pencarian yang muncul,  maka secara tidak lansung urutan 1-5 dari layar akan mempunyai tingkat klik dan apresiasi lebih tinggi dari yang ada di urutan setelah itu

Definisi dari Pencarian Inovatif

Inovasi adalah mengenai bagaimana mengembangkan gagasan atau metode baru. Karena itu, upaya untuk melakukan pencarian yang inovatif semata mata berusaha untuk melakukan sesuatu yang benar-benar baru, atau untuk meningkatkan sesuatu yang sudah Anda lakukan. Untungnya, ada banyak cara agar promosi iklan anda lebih inovatif, mulai dari inisiatif yang canggih seperti membangun situs dalam Flash, atau membuat widget atau gadget, atau upaya-upaya efisien seperti memperbarui meta data yang ada di dalam situs anda seperti deskripsi situs yang lebih menarik, keyword yang banyak, atau menambah banner di halaman depan anda untuk link internal masuk ke dalam situs anda

Bagaimana Memetik Manfaat Lebih?

Terlepas dari tehnik apapun yang anda lakukan, melakukan lebih banyak inovasi kampanye iklan melalui mesin pencarian pada akhirnya akan meningkatkan citra perusahaan, yaitu dengan meningkatnya ranking dari perusahaan anda di hasil pencarian, walaupun hal ini dapat juga dilakukan dengan melakukan iklan adword di mesin pencarian

Kendala terbesar untuk Melakukan Inovasi

Sementara konsep untuk lebih inovatif dengan melakukan promosi melalui  internet kelihatannya cukup sederhana – dengan manfaat lebih dari jelas – tetapi pada kenyataannya upaya untuk melakukan eksekusinya adalah cerita lain lagi, dikarenakan kompetisi pada saat sekarang semakin bertambah berat, di mana hampir semua perusahaan kurang lebih mempunyai strategi yang sama untuk mendapatkan tahta istimewa di ranking pertama hasil pencarian, sehingga acapkali yang menjadi hasil akhir adalah keputus asaan ataupun sinisme mengenai mungkin tidaknya melakukan inovasi pemasaran dengan beriklan di internet

Pentingnya Untuk Memahami Kegagalan

Sering kali kami mendapat pertanyaan apakah beriklan di internet dapat menghasilkan hasil positif terhadap peningkatan penjualan ataupun citra perusahaan kami? Jawaban kami selalu sama, ya bisa, tetapi membutuhkan proses yang membutuhkan tim yang berdedikasi untuk membangun citra itu secara bertahap walaupun sering kali juga terbentur dengan banyak hal di luar dari ekspektasi kita

Kegagalan tersebut harus dipandang obyektif sebagaimana kasus yang sama dapat terjadi terhadap upaya melakukan promosi melalui media ataupun cara cara konvensional lain, dengan memahami kegagalan tersebut maka upaya berikutnya akan menjadi suatu inovasi yang lebih baik dalam melakukan kampanye iklan melalui search engine

Tindakan yang Perlu Diambil

Ada banyak cara untuk membuat promosi iklan anda lebih inovatif. Berikut adalah beberapa rekomendasi untuk membantu Anda memulai.

Beriklan dengan kata-kata yang berpusat pada keinginan pengguna pada dasarnya penting untuk mengetahui apa yang diinginkan oleh pengguna terhadap produk atau jasa yang kita jual, sebagai contoh: semisal pada umumnya ketika seseorang mengetikkan kata “restoran romantis di jakarta” ternyata dari hasil pengamatan kita bahwa untuk kata kata tersebut ternyata banyak dicari oleh remaja berusia 17-20 atau dengan kata lain bukan kelompok konsumen yang kita inginkan

Bagaimana cara mengetahuinya? Lakukan survei kecil dengan membangun situs mini (minisite) yang sifatnya sebagai pancingan untuk melakukan analisa atas kecocokan dari content (produk/jasa/dll) yang ada di situs kita dengan hasil pencarian, intinya jangan capek melakukan proses survei dan umpan balik, sering kali calon klien kami menginginkan hasil instan ketika mereka beriklan di internet. Rekomendasi : Bangun minisite, iklankan, dapatkan umpan balik, dan perhatikan pola browsing dari pengakses situs anda. Anda bisa melakukan ini dengan biaya yang relatif murah, karena teknologi internet benar-benar memampukan kita untuk melakukan segala sesuatunya terukur.

Hal berikutnya yang tidak kalah pentingnya adalah “Mengetahui reputasi online anda”. Hal ini sangatlah penting untuk mengetahui tentang “Apa kata orang tentang anda”. Apabila perusahaan anda mempunyai reputasi off line terkenal, berikutnya cari tahu apa kata orang mengenai perusahaan anda ataupun produk serta jasa yang anda jual di internet, karena kecenderungannya adalah orang berbicara apa adanya melalui media internet (dikarenakan faktor anonimitas). Setelah kita mengetahui apa yang orang katakan, maka selanjutnya perlu dibuat suatu patokan (parameter-parameter) mengenai sukses tidaknya anda berpromosi secara offline

Dua hal penting terakhir lainnya yang perlu anda perhatikan adalah menentukan bagaimana anda ingin brand anda dikenal di internet dan yang terakhir adalah tentukan secara jelas mengenai segmentasi target pengguna yang akan masuk ke situs anda (bahkan ke setiap content)

Akhir kata, berpromosi secara inovatif melalui internet dengan menggunakan search engine merupakan hal mutlak di jaman informasi sekarang ini, yang mana hal tersebut mempunyai pengaruh yang besar terhadap citra dari perusahaan anda, bukan proses semalam, tetapi harus dilakukan dengan penuh komitmen terus menerus dengan biaya dan manfaat yang terkontrol. (fn/kn/it)

0/5 (0 Reviews)

Web Designer and Developer from Surabaya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Positive SSL