Mengenal Lebih Dalam Mengenai WordPress

Mengenal Lebih Dalam Mengenai Wordpress

Apa itu WordPress ? WordPress merupakan sebuah platform wesbite yang dapat digunakan untuk membuat suatu website baik untuk kebutuhan pribadi maupun untuk kebutuhan perusahaan. WordPress diciptakan oleh Matt Mullenweg dan Mike Little pada tahun 2003.

Awal terciptanya wordpress berawal dari penutupan software blogging b2/cafeblog. Yang kemudian hal tersebut dimanfaatkan oleh Matt dan Mike untuk membuat website yang serupa. Pada tahun 2004, kedua programmer tersebut  berhasil merilis WordPress 1.0 dengan fungsi dasar sama sepeerti b2/cafeblog yang sudah dimodifikasi.

Sejak saat itu wordpress mulai dikenal dan menjadi semakin populer dikalangan para developer sebagai CMS paling populer di dunia. WordPress merupakan sebuah platform yang bersifat open source. Yang artinya adalah wordpress bisa gunakan secara gratis dan dapat kita modifikasi. Di dalam wordpress juga terdapat banyak plugin yang dapat kita manfaatkan untuk proses pengembangan website.

Mengapa Menggunakan WordPress ?

Beberapa alasan mengapa kita harus menggunakan wordpress untuk membuat website.

1. Ramah Untuk Pemula

Kelebihan pertama dari wordpress ini adalah wordpress sangat mudah digunakan bagi pemula. Karena tampilan dari wordpress sendiri sudaj sangat user friendly dan itu yang dapat memudahkan pemula untuk dapat menggunakan wordpress.

2. Komunitas Besar

Tahukak kalian bahwa 30% website di dunia menggunakan wordpress sebagai alat untuk membuat website. Angka ini menjadikan wordpress sebagai pemegang market share sebagai platform pembuat website.

Komunitas ini dibuat untuk membagikan pengalaman atau juga dapat untuk membagikan informasi mengenai seputar wordpress dan cara membuat wordpress. Jadi bagi kita yang pemula, akan sangat terbantu dengan adanya komunitas ini karena dapat membantu masalah yang kita hadapi.

3. Banyak Tutorial

Selain memiliki banyak komunitas, WordPress juga memiliki banyak tutorial yang dapat kita manfaatkan untuk mendalami wordpress. Tutorial ini dapat berupa artikel, video youtube ataupun pelatihan yang diadakan oleh beberapa kelompok.

4. Tersedia Banyak Plugin

Seperti yang kita, wordpress memiliki banyak plugin yang dapat membantu kita untuk mengembangkan website yang kita punya. Mulai dari pengoptimalan website, SEO, mempercepat loading website, keamanan website dan plugin pengembangan website lainnya.

Plugin di wordpress ada yang berbayar dan gratis. Tetapi kebanyakan plugin di wordpress tersedia dalam bentuk gratis yang bisa kita gunakan.

5. Tema Yang Beragam

Di dalam wordpress, kita bisa menemukan banyak tema yang dapat kita gunakan untuk website. Ada tema gratis yang sudah disediakan oleh wordpress. Atau jika kita rasa masih kurang kita dapat membeli tema pada theme developer diluaran sana. Harganya juga terjangkau tetapi memiliki kualitas yang bagus seperti themeforest contohnya. Themeforest enyediakan banyak tema yang dapat kita beli dan gunakan.

Kekurangan WordPress

Meskipun banyak memiliki keuntungan, namun sebuah platform juga tidak luput dengan kekurangan. Contohnya di sektor keamanan, wordpress terkenal rentan dengan keamanan. Para hacker dapat meretas website wordpress dengan mudah, meskipun tidak semudah itu. Tetapi jangan khawatir karena seperti yang sudah disampaikan sebelumnya, kita dapat menggunakan plugin keamanan untuk mengurangi serangan hacker tersebut.

Selanjutnya pada sektor kecepatan. Website yang menggunakan wordpress dinilai memiliki kecepatan yang kurang maksimal. Ini bisa disebabkan oleh banyak faktor. Tidak hanya dari wordpress saja. Bisa jadi gambar yang kita gunakan memiliki ukuran yang terlalu besar. memiliki banyak plugin juga dapat menyebabkan website kita menjadi lebih lambat.

Pemilihan page builder juga disini perlu diperhatikan. Ada beberapa contoh page builder yang dapat kita gunakan untuk membuat website seperti, WP-Backery, Divi, Elementor atau Oxygen. Namun pada saat ini elementor banyak digunakan karena kemudahannya. Dan dengan menggunakan elementor, website kita menjadi lebih cepat dari pada menggunakan WP-Backery atau Divi.

Oxygen nantinya juga digadang-gadang dapat mengalahkan elementor. Karena oxygen memiliki fitur yang dinilai lebih bagus dibanding dengan page builder lainnya.

 


Recommended Posts